DESKRIPSI PEMAHAMAN MATERI PECAHAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SALOMEKKO

  • Prima Mytra
  • Anggy Heriyanti IAIM Sinjai
Keywords: Pemahaman, Relasional, Instrumental, Pecahan

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman relasional dan instrumental siswa kelas VII SMP Negeri 1 Salomekko pada materi pecahan. Dalam penelitian ini terpilih subjek penelitian sebanyak 4 siswa yang ditentukan berdasarkan hasil tes diagnostik. Data dikumpulkan dengan metode tes diagnostik dan wawancara semi tersruktur. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki pemahaman relasional mampu menjawab soal-soal materi pecahan dengan mengaitkan beberapa konsep serta mampu memberikan alasan yang rasional dari jawaban yang diberikan. Sementara siswa yang memiliki pemahaman instrumental menjawab soal-soal materi pecahan berasal dari hafalan serta tidak mampu memberikan alasan dari jawaban-jawaban yang diberikan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa cukup sulit menemukan siswa yang memiliki pemahaman relasional dibandingkan siswa yang memiliki pemahaman instrumental. Terbukti pada penelitian ini, hanya ditemukan 1 siswa yang memiliki pemahaman relasional.

 

References

Coetzeea, J., & Mammenb, K. J. (2017). Science and Engineering Students’ Difficulties With Fractions At Entry-Level To University. IEJME, 12(4), 281–310.
Geller, E. H., Son, J. Y., & Stigler, J. W. (2017). Conceptual explanations and understanding fraction comparisons. Learning and Instruction, 52, 122–129. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2017.05.006
Misquitta, R. (2011). A Review of the Literature: Fraction Instruction for Struggling Learners in Mathematics. Learning Disabilities Research & Practice, 26(2), 109–119. https://doi.org/10.1111/j.1540-5826.2011.00330.x
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics (3rd ed.). Retrieved from http://gen.lib.rus.ec/book/index.php?md5=D8E144616E131F23FF015291AE77D10B
Silversius, S. (1991). Pengertian Pemahaman. Bandung.
Skemp, R. R. (1976). Relational understanding and instrumental understanding. Mathematics Teaching, 77(1), 20–26.
Skemp, R. R. (1987). The psychology of learning mathematics. Psychology Press.
Sudjana, N. (1992). Dasar-dasar Sistem Belajar Mengajar di Kelas.
Published
2020-08-03