EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SALOMEKKO KABUPATEN BONE

  • Syarifuddin Syarifuddin
Keywords: Learning Cycle, Matematika, Teorema Pythagoras

Abstract

Rendahnya prestasi belajar siswa salah satu penyebabnya adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep yang dipelajari. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah dengan pemilihan model pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan penerapan model pembelajaran learning cycle terhadap pemahaman kosep matematika pada materi teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salomekko Kabupaten Bone. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A  yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen. Dalam pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Hasil analisis deskriptif dan inferensial menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika materi teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salomekko ditinjau dari aspek: (a) rata-rata skor pemahaman konsep matematika pada posttest lebih besar dari 74.9 (KKM) dan rata-rata skor gain ternormalisasi lebih besar dari 0.29 (kategori sedang), (b) rata-rata skor aktivitas belajar siswa untuk setiap pertemuan lebih dari 70% aspek pengamatan berada pada kriteria waktu ideal, dan (c) rata-rata skor respons siswa lebih besar dari 3.5 (kategori positif). Disimpulkan bahwa model pembelajaran learning cycle efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika materi teorema Pythagoras pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salomekko Kabupaten Bone

References

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dewati, R & dkk. . 2013. Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 3E dalam pembelajaran Matematika. Universitas Lampung: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 2 No. 2.
Eisenkraft, A. (2003). Expanding the 5E model. The Sciences Teacher 70 (6). 56-59.Tersedia:http://emp.byui.edu/firestonel/bio405/readings/learning%20models/expanding%205e.pdf. Diakses 11 Agustus 2015.
Eisenkraft, A. 2003. Expanding the 5E Model. The Science Teacher. Published by the National Science Teachers Association 1840 Wilson Blvd, Arlington, VA 22201-3000.
Hudojo, H. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya. Usaha Nasional.
Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurdik Matematika Fakultas Pendidikann MIPA UPI.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara
Published
2020-08-03