KETERLAKSANAAN KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 33 MAKASSAR

  • Danial Danial
Keywords: keterlaksanaan, kurikulum 2013, Perencanaan, Pelaksanaan, Penilaian Pembelajaran

Abstract

Jenis penelitian ini adalah mix kualitatif dan kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan kurikulum 2013 dalam mata pelajaran matematika di SMP Negeri 33 Makassar yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar observasi, dan (2) Pedoman wawancara. Subjek penelitian ini guru matematika yang mengajar di kelas VII (tujuh) sebanyak 2 guru yang sudah mengikuti pelatihan kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran matematika oleh guru berdasarkan Kurikulum 2013 pada subjek ARF dan HSR yang sudah mengikuti pelatihan kurikulum 2013 berada pada kategori amat baik. (2) Pelaksanaan pembelajaran matematika oleh guru berdasarkan kurikulum 2013 pada subjek ARF yang sudah mengikuti pelatihan kurikulum 2013 berada pada kategori pada kategori baik, sedangkan subjek HSR berada pada kategori cukup (3) Penilaian pembelajaran matematika oleh guru berdasarkan kurikulum 2013 pada subjek ARF dan HSR yang sudah mengikuti pelatihan kurikulum 2013 berada pada kategori sama yaitu amat baik (4) faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kurikulum 2013 dibagi atas 2 bagian yaitu: a) faktor penentu yaitu subjek ARF telah mengikuti pelatihan kurikulum 2013 sebanyak 2 kali dan subjek HSR sebanyak 1 kali, serta siap menerapkan kurikulum 2013 demi kemajuan pendidikan khususnya di SMP Negeri 33 Makassar, dan respon baik oleh kepala sekolah dengan melakukan pelatihan di sekolah dan melengkapi sarana dan prasarana. b) faktor penghambat yaitu tentang penilaian belum sepenuhnya dipahami dengan baik oleh subjek ARF maupun Subjek HSR, dan faktor lainnya adalah masih ada peserta didik yang belum aktif dalam pembelajaran

References

Echols, John M. & Shadily, Hassan. 2005. Kamus Inggris Indonesia : An English– Indonesian Dictionary. Jakarta: PT Gramedia

Ekawarna. 2014. pemahaman guru sd tentang implementasi k-13 di provinsi jambi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi Jln. Jambi Muara Bulian Mendalo Darat, 10 desember 2014
Kurniasih, I & Sani, B. 2014. Implementasi kurikulum 2013 (konsep dan penerapan). Surabaya: Kata Pena

Mutmainnah, 2013. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus ditinjau dari Kriteria Watson dan Objek Kajian Matematika di SMP Negeri 20 Makassar. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Oxford. 2005. Oxford Learner’s Pocket Dictionary. New York: Oxford University Press

Permendikbud RI Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.Kemendikbud

Permendikbud RI Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Kemendikbud

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta Bandung

Sukarman, H. 2002. Innovasi Dalam Pengelolaan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Yogyakarta: PPPG Matematika.
Published
2020-08-03