ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PISA DITINJAU DARI GENDER

  • Nurjannah Nurjannah IAIM Sinjai
  • Mirna Mirna Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
  • Nurlili Nurlili Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
  • Andi Auliya Ismunandar Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
Keywords: Pemecahan Masalah, Soal PISA, Gender

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan hasil analisis kesalahan siswa berdasarkan tahapan Polya dalam memecahkan masalah PISA ditinjau dari gender. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 20 Sinjai. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tugas pemecahan masalah matematika berupa soal PISA dan wawancara. Untuk menguji kredibiltas data dilakukan dengan triangulasi waktu. Pada tahap memahami masalah dan membuat rencana penyelesaian, subjek perempuan tidak melakukan kesalahan. Pada tahap melaksanakan rencana, hasil perhitungan yang diperoleh subjek salah karena subjek tidak mampu memahami dan menghubungkan konsep yang sesuai dengan masalah yang sedang dihadapi. Pada tahap memeriksa kembali, subjek menguji dan memeriksa langkah-langkah dan hasil perhitungan yang dilakukan berulangkali untuk memastikan bahwa hasil perhitungan sudah benar meskipun kenyataannya jawabannya masih salah karena memang konsep yang digunakan untuk menyelesaikan soal PISA tersebut salah. Pada tahap membuat rencana penyelesaian, subjek laki-laki melakukan kesalahan yakni membuat perencanaan pemecahan masalah tanpa menggunakan konsep yang benar. Pada tahap melaksanakan rencana, subjek melaksanakan strategi yang dipilih. Pada tahap memeriksa kembali, subjek melakukan pengecekan dengan menguji dan memeriksa kembali langkah demi langkah strategi pemecahan masalah yang digunakan dan semua sudah sesuai. Namun karena strategi yang dipilih hanya tebakan, maka subjek tidak mengetahui bahwa jawaban yang diperoleh salah.

References

Anwar, M.K. (2018). Analisis Kemampuan dan Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berorientasi PISA ditinjau dari Gender Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. E-prints Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/69867/11/NASPUB%20fix.pdf.

Culaste, I. C. (2011). Cognitive Skills of Mathematical Problem Solving of Grade 6 Children. International Journal of Innovative Interdisciplinary Research, 2(5), 117-130. Retrieved from https://silo.tips/download/cognitive-skills-of-mathematical-problem-solving-of-grade-6-children.

Danial, D, Nurjannah, N, Mirna, M. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Program Studi Tadris Matematika di Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(1), 65-80. Retrieved from https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/INT/article/view/1046.

Dhurori, A & Markaban. (2010). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Kajian Aljabar Di SMP (Modul Matematika SMP Program BERMUTU). Yogyakarta: P4TK Matematika. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/232217462.pdf.

Rahmawati, E, Annajmi, Hardianto. (2016). Analisis Kemampuan Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 1-5. Retrieved from http://e-journal.upp.ac.id/index.php/mtkfkip/article/view/930.

Hawa, A. M. (2014). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Bertipe PISA. Seminar Nasional Evalusi Pendidikan. PPs UNS.Semarang. Retrieved from https://conf.unnes.ac.id/index.php/snep/II/paper/viewFile/269/163.

Hidayah, S. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang, 1, 182-190. Retrieved from https://conf.unnes.ac.id/index.php/snep/II/paper/viewFile/269/163.

Kemendikbud. (2016). Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. [Online] https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-PISA-indonesia-mengalami-peningkatan.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Sastra Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Nurjannah, N. (2019). Eksplorasi Metakognisi Terhadap Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 78-89. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/78-89.

Nurjannah, N. (2020). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Tadris Matematika, 1(1), 7-13. Reyrieved from http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/Jtm/article/view/391.

Nurjannah, N., Nurhalizah, N., Irmawati, E., & Ismunandar, A. A. (2020). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika di Taman Purbakala Batu Pake Gojeng Kabupaten Sinjai. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 62-74. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mega/article/view/242

Polya, G. (2014). How to solve it: A New Aspect of Mathematical Method. Retrieved from https://press.princeton.edu/titles/669.html.

Johar, R. (2012). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, Volume 1 No. 1, 30-41. Retrieved from http://jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/1296.

Tripathi, P. (2011). Problem Solving in Mathematics: A Tool for Cognitive Development. Journal of Mathematics Education Trends and Research, 3, 14-29. Retrieved from http://cvs.gnowledge.org/episteme3/pro_pdfs/27-tripathi.pdf.

Published
2021-01-19