PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS MEDIA WHATSAPP

  • Annisa Rahayu Universitas Muslim Maros
  • Ernawati Ernawati Universitas Muslim Maros
  • Rizqi Ashari Rahim Universitas Muslim Maros
Keywords: perbandingan hasil belajar matematika, number head togerher, think pair share

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Maros Baru. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan contrablanced design, dimana terdapat dua kelompok eksperimen. Number Head Together sebagai kelompok eksperimen I dan Think Pair Share sebagai  keompok eksperimen II.. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C sebagai eksperimen I dan kelas VII B sebagi eksperimen II. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika berupa Essai yang telah divalidasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dan teknik statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data di simpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada kelas Eksperimen I, nilai rata-ratanya 80.30 dan standar deviasi 8.354 sedangkan siswa  yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada kelas Eksperimen II nilai rata-ratanya 71.50 dan standar deviasi 10.014. Hasil uji-t diperoleh nilai sig sebesar 0.047 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa analisis hipotesis Ho ditolak dan H1 diterima yaitu terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara kelas yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan kelas yang dajar model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) kelas VII SMP Negeri 11 Maros Baru

References

Ernawati, E., & Lestari, P. I. (2020). Efektivitas Metode Problem Solving dengan Model Polya terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Equals, 3(1), 50–62. https://doi.org/10.46918/eq.v3i1.582

Gasali, A., & Nasir, A. M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Fungsi Terhadap Prestasi Belajar Matematika. 1, 5.

Hariyanti. (2019). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP DDI Maros.

Rahmayanti. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Antara Siswa yang Diajar Dengan Menggunakan Model Pengajaran Langsung dan Discovery Learning pada Siwa Kelas VII SMP Negeri 1 Wonomulyo. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6299

Rohani, Siti. (2015). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dengan Tipe Think Pair Share (Tps) Di Kelas X Mia Sma Negeri 1 Sojol. 04(01), 24–31.

Rohani, Sitti. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dengan Tipe Think Pair Share (Tps) Di Kelas X Mia Sma Negeri 1 Sojol. 8.

Susilo. (2013). Metode Penelitian Bidang Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran.

Syarifuddin. (2020). Efektivitas Penerapan Model Learning Cycleterhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Salomekko Kabupaten Bone. https://doi.org/10.47435/jtm.v1i1.394

Wardani, A., Mytra, P., & Fitriani, F. (2021). Profil Berpikir Reflektif dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Kemampuan Awal. JTMT: Journal Tadris Matematika, 2(1), 1-8.

Published
2021-01-19