PENGARUH MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA BERBASIS MEDIA WHATSAPP

  • Nurhikmah Nurhikmah Universitas Muslim Maros
  • Ernawati Ernawati Universitas Muslim Maros
Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Pre-experimental yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa berbasis media whatsapp kelas VIII SMP Negeri 11 Maros. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Maros dengan sampel yang dipilih menggunakan metode purposive sampling atau dengan pertimbangan kriteria tertentu sebanyak 14 siswa dalam satu kelas eksperimen yaitu kelas VIII A. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis matematis dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang telah divalidasi oleh ahli. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji normalitas sebagai uji prasyarat analisis dan uji paired sample t-test sebagai uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil pre-test 35,29 sedangkan rata-rata post-test 60,7. Berdasarkan uji-t diperoleh 0,001 < α = 0,025 yang berarti terdapat peningkatan yang signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa berbasis media whatsapp kelas VIII SMP Negeri 11 Maros

References

Diana Martiana. (2015). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualizatian (TAI) [Skripsi tidak dipublikasikan]. universitas islam negeri syarif hidayatullah jakarta.

Ernawati. (2015). Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Soal Cerita Matematika Materi Sitem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Gaya Kognitif. 159–368.

Ernawati, E. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematika Siswa. 3(1), 64–74.

Fitriani. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp. http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/Jtm/article/view/393/307

Riyanti, A, Widiyatmoko, A, & Wusqo, I. U. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Smp Tema Kalor.

Setyosari, H. P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.

Sumantri, M. S. (2016). Strategi pembelajaran: Teori dan Praktik di tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

Published
2021-01-19