ANALISIS SOSIOMATEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA SDN 224 PALAE
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran terkait sosiomatematika yang berbasis kearifan lokal di SDN 224 Palae. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosedur pemecahan masalah, prosedur pemecahan masalah yang dapat diterima, alternatif prosedur, perumusan prosedur yang lebih efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 224 Palae. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentai. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Adapun analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika realistik dan pembelajaran kontekstual dapat mengasah kemampuan sosiomatematika siswa SDN 224 Palae Kelas V yang berbasis pada kearifan lokal. Adapun indikator sosiomatematika yang dapat dicapai oleh siswa dengan pembelajaran matematika realistik adalah prosedur pemecahan masalah, alternatif prosedur sedangkan pada pembelajaran kontekstual adalah alternatif prosedur, perumusan prosedur yang lebih efektif, dan prosedur pemecahan masalah yang dapat diterima.
References
Abdullah, I. (2008). Agama dan Kearifan Lokal dalm tantangan Global. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Astuti, S. (2019, November 12). Interaksi dalam Pembelajaran. (Irmayanti, Pewawancara)
Kadir. (2008). mengembangkan norma sosiomatematik (sociomathematical norms) dengan memanfaatkan potensi lokal dalam pembelajaran matematika. Phythagoras, 4(1), 74–85.
Moleong, L. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Rizkianto, I. (2013). Norma Sosiomatematika dalam Kelas Matematika. Seminar Nasonal Matematika dan Pendidikan Matematika (hal. 42). Yogyakarta: FMIPA UNY.
Sulfikawati, D., Suharto, & Kurniati, D. (2016). Analisis Norma Sosiomatematik dalam Pembelajaran Kolaboratif Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat di Kelas VII-C SMP Negeri 11 Jember (Sociomathematical Norms Analysis in Collaborative Learning in Triangle and Quadrilateral Topic at VII-C of Junior High S. Edukasi Unej, 1-4.
Sunandar. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal. Prosiding SNPMAT. Jawa Tengah: Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang.
Widodo, S. A., & Purnami, A. S. (2018). Mengembangkan Norma sosiomatematika dengan Team Accerated Instruction. Matematika dan Pendidikan Matematika, 29-48.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Copyright (c) 2021 Irmayanti Irmayanti, Nurul Islamiah, Syarifuddin Syarifuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.