PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI MENGGUNAKAN APLIKASI SEDERHANA VERSI GAJAH MADA UNTUK MENINGKATKAN SNP DI SMA NEGERI 21 MAKASSAR

  • Madelle Agil
  • R Nurhayati IAI Muhammadiyah Sinjai
Keywords: Pengawas, SNP, Aplikasi Sederhana, Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan membantu Sekolah dalam meningkatkan atau pemberdayaan sumber daya
untuk memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP) lebih khusus lagi untuk mencapai akreditasi
Sekolah semaksimal mungkin. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah. PTS
adalah penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti di sekolah untuk membuat peneliti lebih
profesional terhadap pekerjaannya, memperbaiki praktik-praktik kerja, dan melakukan
inovasi sekolah serta mengembangkan ilmu pengetahuan terapan (professional knowledge).
Pendekatan penelitian yaitu naturalistik-kualitatif, subjeknya sekolah yang ditentukan secara
purposive yaitu SMAN 21 Makassar, peneliti bersifat insider (partisipatif) dengan hipotesis dengan
aplikasi sederhana versi Gajah Mada SMAN 21 Makassar dapat meningkatkan SNP sekolahnya.
Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan selama 1 tahun melalui proses dan hasil yang
diperoleh sekolah.sementara analisis data dilakukan dengan reduksi, paparan dan simpulan
Hasil penelitian menunjukkan Aplikasi Gajah Mada dapat meningkatkan hasil SNP SMAN 21
Makassar. Dari datapun hasil pemanfaatan aplikasi ini terbukti sangat membantu tugas Pengawas,
Kepala Sekolah dan Tim Penjaminan mutu sekolah terutama pemetaan 8 SNP sebagai upaya
meningkatkan pemenuhan mutu pendidikan. Hasil analisis dan rekomendasi dari aplikasi telah
dimanfaatkan kepala sekolah untuk membuat program sekolah dengan skala prioritas. Hasil analisis
pemantauan 8 SNP menunjukkan adanya peningkatan pemenuhan standar dari terakreditasi A (90)
tahun 2014 menjadi terakreditasi A (94,35) di tahun 2019.
Penilaian Kinerja Guru terbukti sangat membantu Pengawas dan Kepala Sekolah dalam
memetakan kompetensi kinerja guru binaanya. Sejak tahun 2017 SMA Negeri 21 Makassar telah
memanfaatkan Aplikasi Penilaian Kinerja. Semua guru telah dinilai secara formatif sebagai langkah
awal pembinaan dan pada akhir tahun dinilai secara sumatif. Hasli penilaian kinerja guru merupakan
nilai kredit guru pada unsur pembelajaran. Selanjutnya hasil penilaian kinerja guru dimanfaatkan oleh
guru dan kepala sekolah sebagai nilai capaian angka kredit tahunan. Penilaian kinerja yang dilakukan
secara benar menjadi motivasi guru untuk meningkatkan kompetensinya sehingga standar proses akan
meningkat secara signifikan.
Kesimpulannya bahwa pemanfaatan aplikasi berbasis microsoft excel versi gajah mada terbukti
sangat membantu sekolah mengembangkan tata kelola sekolah. Pada akhir tahun 2019 diharapkan
SMA Negeri 21 Makassar dapat meningkatkan pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan.
Akreditasi SMA Negeri 21 Makassar meningkat dari nilai 90 dengan predikat terakrteditasi A
menjadi 94, 35 dengan predikat terakreditasi A tertinggi di Provinsi Sulawesi Selatan. Rekomendasi
tulisan ini: pertama, aplikasi pemantauan 8 standar nasional pendidikan harus dikembangkan lagi dan
direvisi sesuai dengan peraturan yang berlaku pada tahun pelajaran berjalan. Saat ini menggunakan
Perangkat akreditasi SMA/MA tahun 2017 berdasarkan Keputusan Kepala Balitbang Kemendikbud
No. 4 /H/AK/2017. Kedua, aplikasi penilaian hasil belajar siswa harus direvisi ulang berdasarkan
54 peraturan yang berlaku yaitu Permendikbud No. 23 tahun 2016 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh
Satuan Pendidikan.

References

Aedi, Nur. 2014. Pengawasan Pendidikan, Tinjauan Teori Dan Praktik, Penerbit Raja
Grafindo Persada. Jakarta
J. Priansa, Doni.dan R. Somad. 2014. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala
Sekolah. Penerbit Alfabeta. Bandung
Lantip D.P. dan Sudiyono, 2011. Supervisi Pendidikan, Penerbit Gava Media Yogyakarta,
hlm. 88-90.66
Nur Aedi, 2014. Pengawasan Pendidikan, Tinjauan Teori Dan Praktik, Penerbit Raja
Grafindo Persada, Jakarta hlm. 55.
Piet A. Sahertain, 2008. Konsep Dasar Dan Teknik Supervisi Pendidikan, Penerbit Rineka
Cipta, Jakarta, hlm. 35-42.
Romadhon, W.E. 2017. Pemenuhan Stndar Penilaian Melalui Pendampingan dan
Pengembangan Aplikasi Penilaian versi Why di SMA Negeri 13 OKU. PTS.
Suhardan, Dadang. 2010. Supervisi Profesional. Penerbit Alfabeta. Bandung. Hal. 43
Published
2020-09-09