Pengaruh Penggunaan Laptop Dan Alat Peraga Terhadap Kinerja Guru Di Ra Kecamatan Sinjai Timur

  • Jusniati Jusniati
  • Ismail Ismail IAIM Sinjai
  • Marwati Marwati IAIM Sinjai
Keywords: Use Laptop and Propos, Teacher Performance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada pengaruh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (laptop) terhadap kinerja guru di RA kecamatan sinjai timur, membuktikan apakah ada pengaruh pengembangan alat peraga terhadap kinerja guru RA kecamatan sinjai timur. membuktikan berapa besar pengaruh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (laptop) serta pengembangan alat peraga. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Ex Post Facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan guru RA sinjai timur yang mampu mengoperasikan leptop. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi atau catatan lapangan, dan angket atau kuesioner, sedangkan analisis datanya menggunakan teknik regresi linier multiplus (berganda). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (leptop) serta pengembangan alat peraga secara signifikan berpengaruh terhadap kinerja guru di RA Kecamatan Sinjai Timur. Nilai sig (0,013)< 0,05, maka Ha diterima atau terdapat pengaruh varibel X1 terhadap Y. Besar pengaruhnya adalah 0,612 atau 61,2%. (2) Nilai sig (0,034)< 0,05, maka Ha diterima atau terdapat pengaruh varibel X2 terhadap Y. Besar pengaruhnya adalah 0,479 atau 47,9%. (3) Nilai sig (0,007)< 0,05, maka Ha diterima atau terdapat pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y. Besar pengaruh kedua varibel secara simultan terhadap Y adalah  0,810 atau 81%.

References

Aswin Zain dan Syaiful Bahri , Strategi Belajar Mengajar, Jakarta; Bhineka cipta 1995
Bagaskoro, Pengantar Teknologi Informatika Dan Komunikasi Data, Cet. 1 Yogyakarta; Cv. Budi Utama, 2019
Binti Maunah, Ilmu Pendidikan, Yogyakarta; Teras, 2014
Depag, Wawasan Tugas Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam, 2005
Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bogor; PT. Pantja Cemerlang
Depdikbud (1996), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka
Desler, Manajemen Personal: Teknik Dan Konsep Modern, Alih Bahasa Agus Darma, Jakarta: Erlangga, 1984
E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Cet. IV Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
Fenti Hikmawati, Metode Penelitian, Cet. I; Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2017
Hardi Miarso Yusuf, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2004
Hasan Iqbal, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik Cet. IV; Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009
Hawi Akmal, Kompetensi Pendidikan Agama Islam, Cet. 2 Jakarta; Pt Rajagrafindo, 2014

Http://dheanda478.blogspot.co.id/2012/11/dampak-positif-dan-negatif-teknologi.html di akses pada tanggal 17 februari 2021 pada pukul 21.21
Husba Mustafa , Aflikasi Fungsi-fungsi Manajemen pada Lembaga Pendidikan Formal Cet. I; Makassar: Pustaka Refleksi, 2005
Ismail Ilyas, Metodologi penelitian, Cet. I; Makassar: Gunadarma Ilmu, 201
Kasemin Kasiyanto, Agresi Perkembangan Teknologi Informasi (Sebuah Bunga Rampai Hasil Pengkajian Dan Pengembangan Penelitian Tentang Perkembangan Teknologi Informasi), Cet. 1 Jakarta; Pt. Fajar Interpratama, 2015
Kompri, Manajemen Pendidikan, Komponen-Komponen Elementar Kemajuan Sekolah, Cet. II Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2016
La Hamiku, Analisis Kinerja Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Pai Di Smpn 17 Kendari, Tesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar; Makassar
Lukito Yuwono Sugeng, Asyiknya Mengajarkan Sains Di Kelasku (Berbagi Pengalaman Mengajar), Cet. 1 Bandung; Tata Akbar, 2020
Majid Abdul , Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Cet. V; Bandumg: PT Remaja RosdaKarya, 2008
Marimba Ahmad D, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Maarif, 1989
Muhammad Fathurrohman dan Chusnul Chotimah, Komplemen Manajemen Pendidikan Islam (Konsep Integratif Pendidikan Islam), Cet. 1 Depok Sleman Yogyakarta; Teras, 2014
Mustafah Jejen, Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Dan Sumber Belajar Teori Dan Praktik, Cet. 1 Jakarta; Prenamedia Group, 2011
Nawawi Hadari, Majemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2011
Orisa Ratih Prastiwi Vincentia, Pengembangan Alat Praga Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas III SD Materi Perkalian Berbasis Metode Montessori, Skripsi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta; Yogyakarta
Poerwadarminta WJS , Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1989
Poltak Sinambela Lijan, Kinerja Pegawai (Teori, Pengukuran Dan Implikasi), Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012
Prabu Mangkunegar Anwar, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: PT. ROSDA Karya, 2000
Reynold Djuharis R, Cerdas Dan Terampil Teknologi Informasi Dan Komunikasi untuk SMP/MTs Kelas VII, Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010
Rofa’ah, Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran dalam Perspektif Islam, Cet. I; Yogyakarta: Deepublish, 2016
Rosidah, Ambar Teguh Sulistiyani, Manajemen Sumber Daya Manusia ; Konsep, Teori dan pengembangan Dalam Konteks Organisasi Publik, Yogyakarta; Graha Ilmu, 2003
Ruslan Rosady, Metode Penelitian: Public Relation dan Komunikasi Cet. V; Jakarta: PT Remaja Rosdakarya, 2010
Rusman, Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Cet. I; Jakarta: Kencana, 2017
Sadiman, Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk SMA Kelas XI Banyuasin; Erlangga, 2006
Sanjaya Wina, Strategi Pembelajaran, Jakarta; Nusa Indah, 2006
Siregar Syofian, Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual Dan SPSS, Cet. IV; Jakarta: Kencana, 2017
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cet. 25; Bandung: Alfabeta, 2017
Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D Cet. XXIII, Bandung Alfabeta, 2016
Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, Cet. III; Bandung: Alfabeta, 2000
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya Cet. XV; Jakarta: PT Bumi Aksara, 2016

Sukarna dan Muhammad Arif Tiro, Pengembangan Instrumen Pengumpulan Data Penelitian, Cet. I; Makassar: Andira Publisher, 2012
Sulistyorini dan Fathurrohman, Meretas Pendidikan Berkualitas Dalam Pendidikan Islam (Menggagas Pendidi Fathurrohman k Atau Guru Yang Ideal Dan Berkualitas Dalam Pendidikan Islam) Cet. 1 Depok Sleman Yogyakarta; Teras, 2012
Sunarto dan Winastwan Gora, PAKEMATIK Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK Jakarta : PT. Elex Media Komputindo, 2010
Supardi, Kinerja Guru Jakarta: RajaGrapindo Persada, 2013
Suriyati dkk, Ilmu Pendidikan Islam Cet. I; Sinjai: CV. Latinulu, 2019
Syah Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Cet. 11, Bandung; PT. Remaja Rosdakarya, 2005
Tafsir Ahmad, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992.
Tim Penyusun Bahan Ajar PLPG, Bahan Ajar PLPG Sertifikasi Guru/Pengawas Dalam Jabatan Kuota 2012, Surabaya
Undang-Undang Nomor 20 Thn. 2003, UU tentang Sistem Pendidikan Nasional, Cet. IV; Jakarta: Sinar Grafika, 2007
Wiranto Sigit, Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Interaksi Guru Siswa Di SMPN 1 Arjosari Pacitan, Tesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta; Surakarta, 2014
Yusuf Muri, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan Cet. IV; Jakarta: Kencana, 2017
Published
2021-09-21