PENUGASAN PEMBUATAN MEDIA AUDIO VISUAL PERCAKAPAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB IAI MUHAMMADIYAH SINJAI

  • Takdir Takdir IAIM Sinjai
  • Amran AR IAI Muhammadiyah Sinjai
Keywords: Media Pembelajaran, Audio Visual, Percakapan Bahasa Arab, Keterampilan Berbahasa

Abstract

Mempelajari bahasa Arab dengan penguasaan keempat keterampian berbahasa merupakan tantangan berat bagi mahasiswa pendidikan bahasa Arab IAI Muhammadiyah Sinjai. Berbagai faktor yang mempengaruhi ketidak mampuan mahasiswa untuk menguasai keempat keterampilan tersebut terkhusus mengenai keterampilan berbicara, oleh karenanya peneliti berasumsi pentingnya melakukan penelitian mengenai penugasan pembuatan audio visual bertujuan memberikan solusi dari permasalahn berbahasa yang terjadi pada mahasiswa pendidikan bahasa Arab di Institut agama Islam Muhammadiyah Sinjai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan linguistic dan psikologi, adapun sumber data terdiri dari primer dan sekunder. Adapun hasil penelitian Penugasan pembuatan media audio visual pada mata kuliah muhadasah sebagaimana yang dikemukakan  Nurmawaddah bernilai positif karena dengan membuat media tersebut bisa memperkaya kosa kata mahasiswa dan terlatih untuk merangkai kosa kata tersebut menjadi kalimat atau kalam sehingga dapat mereka aplikasikan pada percakapan sehari-hari. Akbar mengemukakan bahwa pada penugasan pembuatan media audio visual terkendala pada pengambilan video yang sangat memakan waktu lama karena terjadi beberapakali pengulangan yang disebabkan kesalahan percakapan ataupun lupa percakapan yang ingin disampaikan sebagaimana yang telah dipersiapkan. Walau proses pembuatan media audio visual mahasiswa di hadapkan berbagai hambatan namun pembuatannya terbantu dengan pembelajaran bahasa Arab yang telah didapatkan baik mengenai pengayaan kosakata maupun kemampuan merangkai kalimat bahasa Arab sehingga secara kreatif bisa dengan mudah untuk membuat percakapan bahasa Arab kemudian menghafalkannya bersama teman bercakap.

References

Ninuk Suryani, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Ombak, 2012
E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
M. Abdul Hamid dkk, Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan, Metode, strategi, materi dan media. (Malang: UIN-MALANG Press.
Raco, Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Kegunaannya, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia Kompas Gramedia Building.
A. Muri Yusuf, Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif& Penelitian Gabungan, Cet:V, Jakarta: Prenamedia Group.
Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial, Cet;5, Jakarta:Referensi, 2013, Cet;5.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif , Bandung: Alfabeta, 2008.
J. Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. XXV; Bandung Remaja: Rosdakarya, 2008.
Neong Muhajir, Metodologi Penelitian kualitatif, Cet. VIII; Yokyakarta: Rake Selatan, 1998.
Burhan Bungin, Analisis Data Kualitatif: Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Cet. III; Jakarta: Rajawali Press, 2009.
Sugiono, Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D, Cet. XI; Bandung: Alfabeta, 2010.
Sadiman, Arif S. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta:Rajawali, 2008.
Published
2020-11-10