الاختبار الموضوعي للمرحلة الثانوية

  • Husnaini Jamil IAIM Sinjai
  • Nur Agung IAI Muhammadiyah Sinjai
Keywords: Tes Obyektif, Pembelajaran Bahasa Arab, Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Proses pembelajaran terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait, mulai dari keberadaan guru, siswa, materi yang akan diajarkan, metode yang sesuai dengan materi, media pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan, hingga proses evaluasi pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan suatu pembelajaran. Dalam proses pembelajaran bahasa Arab terdapat berbagai jenis evaluasi pembelajaran sesuai dengan keterampilan bahasa yang ingin diajarkan serta berlandaskan kemampuan siswa. Salah satu jenis evaluasi yang banyak digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran bahasa Arab adalah tes obyektif dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya untuk setiap keterampilan bahasa.

References

Arikunto, S. (2012). Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara, 2012. Jakarta: Bumi Aksara.
Atmaja, N. P. (2016). Buku Super Lengkap Evaluasi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Diva Press.
Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia.
Nurgiyanti, B. (2011). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Suwandi, S. (2010). Model Assesmen dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wahyuni, S. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama.
العبادي, ر. ا. خ. (2006). الاختبارات المدرسية. عمان: مكتبة المجتمع العربي للنشر والتوزيع.
Published
2020-11-10