Marketing Communication Strategy in Facing Competition

  • Musliadi Musliadi IAIM Sinjai
Keywords: Strategi Komunikasi, Marketing

Abstract

Penelitian ini disimpulkan bahwa komunikasi pemasaran yang diterapkan Kelompok Usaha Bersama Kembang Ilung dalam menghadapi persaingan bisnis kerajinan anyaman eceng gondok  adalah dengan jalan memasang iklan (Beriklan) dengan cara pembuatan leaflet/brosur dan pemasangan spanduk. Pemasaran Langsung (direct marketing) dilakukan dengan cara membawa hasil produk kerjainan tangan anyaman eceng gondok untuk dijual di pasar-pasar terdekat. Penjualan secara langsung dengan mendatangi tempat keramaian seperti pasar dan pameran ataupun tempat lainnya dan menawarkan produk-produk yang dihasilkan. Promosi penjualan (sales promotion) dengan membuat produk baru/sample yang kemudian dipromosikan baik secara door to door. Penjualan personal (personal selling) dengan cara menawarkan secara langsung ke buyer/exportir baik dalam daerah maupun luar daerah seperti ke Bali, Yogyakarta dan Palangkaraya. Pemasaran interaktif dilakukan dengan cara mempromosikan dan memasarkan produknya melalui internet yaitu dengan media sosial Whatsapp dan Instagram. Hubungan masyarakat (public relations) dengan memberikan pembinaan, pendidikan dan pelatihan produk kerajinan untuk meningkatkan pendapatan warga setempat. Hambatan dihadapi dalam penerapan komunikasi pemasaran Kerajinan Anyaman Eceng Gondok adalah penggunaan sarana dan prasarana sebagai alat penunjang promosi pemasaran masih belum maksimal. Kegiatan promosi belum dilakukan secara maksimal dan belum menggunakan semua media yang ada serta kurangnya sumber  daya manusia dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi masih menjadi hambatan bagi KUB Kembang Ilung dalam upaya penerapan komunikasi pemasaran kerajinan anyaman eceng gondok. Solusi yang dilakukan Kelompok Usaha Bersama Kembang Ilung dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut adalah KUB Kembang Ilung lebih gencar dalam melakukan kegiatan promosi, melakukan loby-loby kepada pihak pemerintah, melakukan peningkatan dan pengembangan SDM yang ada pada setiap anggota sehingga kinerja KUB Kembang Ilung berjalan dengan efisien, melibatkan kegiatan perusahaan dengan memanfaatkan media teknologi informasi, serta melakukan evaluasi dengan Strategi  SWOT secara berkala.

References

A. A. Bagus Darmawangsa I Gusti Agung Ketut Sri Ardan, 2016. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Konsumen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.
Afifuddin. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.
Akdon. 2009. Strategic Management For Education Management (Manajemen. Strategik untuk Manajemen Pendidikan). Bandung: Alfabeta
Angipora, Marinus, 2002. Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Arni Muhammad, 2014, Komunikasi Organisasi, Jakarta: Bumi Aksara
Asep Saeful Muhtadi dan Maman Abd. Djaliel, 2003. Metode Penelitian Dakwah Cet. I; Bandung: Pustaka Setia
Asmadi Alsa, 2004. Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif serta Kombinasinya Dalam Penelitian Psikologi. Cet.II; Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset
Bambang D Prasetyo, 2018. Komunikasi Pemasaran Terpadu (Pendekatan Tradisional Hingga Era Media Baru). Malang: UB Press
Buchari Alma, 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kesembelian, Bandung: Alfabeth
Dani Setiawan, 2010. Aktivitas komunikasi pemasaran Sekolah Darma Bangsa Tahun 2010. http://eprints.uns.ac.id/2941/1/175150202201210151.pdf
Dinar Wahyu Kuncoro Denny Indrayana Setyadi, 2012, Perancangan komunikasi pemasaran terpadu untuk fasilitas baru kebun binatang Surabaya. JURNAL SAINS DAN SENI ITS Vol. 1, No. 1, (Sept. 2012) ISSN: 2301-928X
Dwi Ratna Hidayati, 2016. Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Skala Mikro (Micro Enterprise) Kub Bajrah Gunah Klampis Bangkalan Pada Produk Terasi, Petis Dan Kerupuk Ikan. Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo.
Gina Abidin, 2012. Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Peningkatan Jumlah Peserta Didik di SMP Nurul Gina Abidin Subang. Universitas Negeri Yogyakarta
Gulo, W. 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta : Grasindo.
Hamzah Dzilqarnain, 2015. Strategi Komunikasi Pemasaran Universitas Muhammadiyah Magelang. thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Jopie Jusuf, 2008. Strategi Kredit untuk Account Officer. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Kotler, Philip & Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya. Offset.
Morissan. 2010. Periklanan komunikasi pemasaran terpadu, Jakarta: Penerbit. Kencana.
Pace and Faules, 2001. Komunikasi Organisasi, Bandung: ROSDA
Pamoentj ak, K.ST dan Ichsan, 2002. Seluk-Beluk dan Teknik Perniagangan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Pamoentjak, K.ST dan Achmad Ichsan. 2002. Seluk Beluk dan Teknik. Perniagaan. Jakarta: Pradnya Paramita.
Priastuti, Kartika Erning. 2012. Komunikasi Persuasif Guru Bimbingan dan Konseling dalam Penanganan Pelanggaran Tata Tertib oleh Siswa SMP (studi kasus pada SMP Negeri 2 Pringsewu). Universitas Lampung
Smith, D. Ronald. 2005. Strategic Planning For Public Relations. London: Second Edition. Lawrence Erlbaum Associates Publisher.
Soemanagara, Rd. 2008. Marketing Communication. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet.III; Bandung: Alfabeta
Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Yogyakarta: PT. Remaja
Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, Yogyakarta:ANDI
Ujang Syarif Hidayatullah, 2010. Strategi Promosi SMP PGRI 12 Jakarta Dalam Meningkatkan Jumlah Siswa. UIN Syarif Hidayatullah
Published
2021-04-30
How to Cite
Musliadi, M. (2021). Marketing Communication Strategy in Facing Competition. RETORIKA : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(1), 44-54. https://doi.org/10.47435/retorika.v3i1.581