Strategi Komounikasi Dakwah Masjid Nujumul Ittihad

  • Musliadi Musliadi IAIM Sinjai
  • Suriati Suriati Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
Keywords: Strategi Dakwah Masjid Nujumul Ittihad

Abstract

Penelitian ini dilaksanan di Masjid Nujumul Ittihad dengan tujuan untuk mengetahui strategi dakwah di Masjid Nujumul Ittihad di Era Pandemi serta faktor penghambat dakwah pengelola Masjid Nujumul Ittihad di Era Pandemi.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian ekploratif dengan menggunakan metodologi kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti akan terjun langsung ke lapangan untuk menggali data terkait dengan strategi komunikasi ataupun komunikasi dakwah Masjid Nujumul Ittihad di era pandemik. Sedangkan pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan konstruktivis dengan metode riset terdiri atas observation non partisipant, dept interview dan analisis isi kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dakawah yang dilakukan di Masjid Nujumul Ijtihad adalah melalui  proses seleksi dai. Adapun jumlah dai yang telah ditetapkan sebanyak 32 orang yang bertugas dalam menjalankan kegiatan dakwah sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan seperti pengajian rutin dan khutbah jumat. Selain itu penggunaan media sosial sebagai sarana dakwah belum sepenuhnya dimanfaatkan dengan baik oleh para dai. Adapun kegiatan dakwah yang dilakukan hanya sebatas tulisan di facebook dan whatshap group. Adapun faktor penghambat dakwah pengelola Masjid Nujumul Ittihad di Era Pandemi adalah adanya pembatasan jumlah jamaah jika mengikuti kegiatan dakwah secara tatap muka. Selain itu jamaah harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan lain-lain. Sementara untuk penggunaan media sosial sebagai sarana dakwah juga memiliki hambatan utamanya bagi para dai yang masih memiliki keterbatasan dalam penggunaan teknologi informasi.

References

Abdullah, Farhat, ‘Strategi Dakwah Dewan Kemakmuran Masjid (Dkm)’, Al-Risalah, 11.2 (2020), 71–91
Asriadi, ‘Retorika Sebagai Ilmu Komunikasi Dalam Berdakwah’, Al-MUNZIR, 13.1 (2020), 89–106
Dakwah, Strategi Komunikasi, ‘Pembinaan Mental Di Lembaga Pemasyarakatan: Tinjauan Strategi Komunikasi Dakwah’, SAHAFA, 1.2 (2019), 130–43
Darmawan, Deni, ‘Optimalisasi Dakwah “Virtual” Di Bulan Ramadhan’, Www.Bantennews.Co.Id, 2020 [accessed 11 November 2020]
Kementerian Agama, R I, ‘Al-Quran Dan Terjemahnya’, Jakarta: PT. Hati Emas, 2014
Kriyantono, Rachmat, ‘Praktik Riset Komunikasi’, Jakarta: Kencana, 2009
Kurniawan, Andri, ‘Peran Masjid Sebagai Sentra Dakwah Moderasi’, Jurnal Komunikasi Islam, 10.2 (2020)
Muhammad, S, and Wahyu Ilahi, Manajemen Dakwah, Ed.1 Cet.1 (Jakarta: Prenada Media Groip, 2006)
Nasional, Departemen Pendidikan, ‘Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)’, Jakarta: Gramedia, 2008
Nasution, Nurseri Hasnah . Wijaya, ‘MANAJEMEN MASJID PADA MASA PANDEMI COVID 19’, Yonetim, 2.1 (2020), 1
Sainuddin, Ibnu Hajar, ‘Transformasi Dakwah Di Masa Pandemi Covid-19’, Nakhy, 2020, 19–21
Sugiyono, P D, ‘Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D [Quantitative and Qualitative and R & D Research Methods]’, Bandung, Indonesia: Alfabeta, 2013
Syamsudin, R S, ‘Strategi Dan Etika Dakwah Rasulullah SAW’, Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 4.14 (2009), 793–808
Published
2021-10-31
How to Cite
Musliadi, M., & Suriati, S. (2021). Strategi Komounikasi Dakwah Masjid Nujumul Ittihad. RETORIKA : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(1), 106-125. https://doi.org/10.47435/retorika.v3i1.710