Pengaruh Kompetensi Kepemimpinan Guru PAI Terhadap Pembentukan Kesopanan Peserta Didik

  • Suriyati suriyati Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
  • Sulfiana Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
  • Nurhasanah Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
  • Muh. Judrah Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
Keywords: Kompetensi, Kepemimpinan Guru PAI, Kesopanan Peserta Didik

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Kompetensi Kepemimpinan Guru PAI Terhadap Pembentukan Kesopanan Peserta Didik Di UPT SMA Negeri 4 Sinjai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X yang berjumlah 167 orang IPA dan IPS. Sampel yang digunakan sebanyak 42 orang. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan program SPSS V.26. Hasil analisis regresi linear sederahana yang telah dilakukan melalui program SPSS V.26, diperoleh hasil bahwa dari 42 responden, pada tabel nilai Fhitung sebesar 33.832 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Kompetensi Kepemimpinan Guru PAI Berpengaruh Terhadap Pembentukan Kesopanan Peserta Didik Di UPT SMA Negeri 4 Sinjai, dapat dilihat pada tabel Model Summary dengan melihat R Square sebesar 0,458 atau 45,8%.

References

Ardiana, I., Brahmayanti, I. A., & Subaedi, S. (2010). Kompetensi SDM UKM dan pengaruhnya terhadap kinerja UKM di Surabaya. Jurnal manajemen dan Kewirausahaan, 12(1), 42–55.

Danial, D. (2020). Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Dalam Mata Pelajaran Matematika Di Smp Negeri 33 Makassar. JTMT : Journal Tadris Matematika, 1(1), 27–32. https://doi.org/10.47435/jtm.v1i1.395

Darojah, N. R., & Hadijah, H. S. (2016). Analisis pengaruh kompetensi kepribadian guru dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening terhadap prestasi belajar siswa kelas x administrasi perkantoran. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 1(1), 109.

Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215–240.

Hartini, H., Danial, D., & Munawaroh, M. (2021). Pengaruh Sarana Pembelajaran dan Motivasi Belajar Matematika Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Kotabaru. JTMT: Journal Tadris Matematika, 2(2), 40–48.

INDONESIA, P. M. A. R. (2017). NOMOR 16 TAHUN 2010. TENTANG PENGELOAAN PENDIDIKAN AGAMA PADA SEKOLAH.

Lensufiie, T. (2011). Kepemimpinan Untuk Profesional Dan Mahasiswa. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Mardania, M., Suriyati, S., & Nurhasanah, N. (2022). PERAN GURU PAI DAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN IBADAH PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 21 SINJAI. IMTIYAZ: Jurnal Ilmu Keislaman, 6(2), 170–176.

Nugraha, M. (2018). Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27–44.

Nuraenih, N. (2020). IMPLEMENTASI KOMPETENSI LEADERSHIP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN BUDAYA ISLAMI DI SMP NEGERI 2 GEGESIK KABUPATEN CIREBON. Oasis: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 5(1), 68–83.

Oktavia, N. (2015). Sistematika Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Deepublish.

Purnomo, H. (2019). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: LP3M Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Rosmani, R., Jamaluddin, J., Fitriani, F., & Sudirman, P. (2022). HUBUNGAN PENAMPILAN DAN GAYA MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 23 SINJAI. IMTIYAZ: Jurnal Ilmu Keislaman, 6(2), 177–184.

Suriyati, S. (2019). GURU SEBAGAI JABATAN KARIR DAN PROFESIONAL. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 11(2), 52–62.

Suriyati, S., Nurhayati, R., Suwito, A., Burhanuddin, B., & Sartina, S. (2022). PROFESIONALISME GURU PAI SMU DI SINJAI UTARA KABUPATEN SINJAI, SULAWESI SELATAN. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 2022.

Wardhani, W. (2018). PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 4 PAREPARE. PERSPEKTIF: JURNAL PENGEMBANGAN SUMBER DAYA INSANI, 3(2), 344–353.

Published
2022-12-12